Wilhelm Dilthey

0

Kali ini kita akan membicarakan salah seorang filosof hermeneut modern. Tentu saja bukan Aristoteles haha. Ia adalah Wilhelm Dilthey. Nama lengkapnya adalah Wilhelm Christian Ludwig Dilthey (1833-1911). Ia dilahirkan di kota Biebrich di tepi sungai Rhain dalam keluarga Protestan Jerman yang terpelajar pada tanggal 19 November 1833. Atas dorongan ayahnya yang seorang pendeta di Nassau ia kemudian belajar teologi. Dia akhirnya belajar di Universitas Heidelberg. Di sana dia merasa sesak dengan suasana dogmatis sehingga memilih jalur kajian filsafat dalam langkah keilmuannya berikutnya. Kesalehan dalam lingkungan religiusnya yang sebelumnya tidak lagi relevan untuk kehidupan modern. Desertasi doktoralnya mengenai Schleiermacher. Dilthey bisa dikatakan sebagai pejuang kebudayaan pada masa hidupnya. Dia dihadapkan dengan materialisme yang dibawa oleh elite industrial yang sedang naik juga oleh kaum buruh yang cenderung Pragmatis. Di antara karyanya adalah Einleitung in die Geisteswissenschaften (1883), Ideen Uber Eine Beschreibende und Zergliedernde Psychologie (1894), Die Enstehung der Hermenutik (1900), Der Aufbau der Geschichtlichen Welt in den Geiteswissenschaften (1910). Baiklah kita akan membahas sedikit mengenai hermeneutika Dilthey.
Memahami bagi Dilthey masih sama dengan Schleiermacher yang masih bercirikan kognitif. Memahami adalah proses kognitif dan reflektif untuk menghadirkan makna seutuh—utuhnya ke dalam kesadaran peneliti. Dalam hal cara menghadirkan kembali makna ke dalam kesadaran ini lah Dilthey memiliki kekhasan jika dibandingkan dengan Schleiermacher mengenai pengertian memahami. Kenapa? Karena pertama, menurut Dilthey memahami bukanlah empati psikologis sebagaimana yang sudah diutarakan oleh Schleiermacher. Orang bisa dianggap paham kepada sebuah makna atau atas obyek-obyek bukan karena dia mewakili perasaan-perasaan mereka melainkan lebih karena dia bisa merekonstruksi maknanya secara rasional. Memahami meskipun menyangkut penghayatan tidak diperoleh dengan merasakan kembali penghayatan mereka melainkan dengan menemukan kembali makna yang tersedia di dalam obyek-obyek historis. Karena itulah menurut Dilthey jika kita sungguh-sungguh dengan pendirian bahwa memahami adalah proses epistemologis maka kita seharusnya dengan rela melepaskan diri dari penertian empati psikologis sebagaimana yang dikembangkan oleh Schleiermacher.


Kedua, meskipun Dilthey sepakat bahwa memahami memang proses kognitif, memahamai termasuk ke dalam wilayah metodologis, namun lebih dari Schleiermacher ia memperluas obyek pemahaman dengan cara memperluas pengertian teks. Dengan cara mendefinisikan teks sebagai “struktur simbolis dalam kehidupan historis” ia telah memperluas obyek pemahaman dari hanya sekedar teks tertulis kepada teks yang berarti dunia sosial-historis pada umumnya. Perluasan ini dtambahinya dengan spesialisasinya terhadap konsep verstehen dengan erklaren. Memang memahami merupakan kemampuan yang sudah ada di dalam intuisi seseorang. Akan tetapi, jika seseorang ingin memahami dunia sosial-kultural orang harus memiliki kompetensi metodologis untuk memahami. Hal ini diperlukan agar memahami tidak terseret ke dalam ruang subyektivitas.


Ketiga, bagi Dilthey memahami dilakukan bukan dengan cara mengambil jarak dari obyek sebagaimana yang terjadi dalam penelitian ilmu alam. Ia merupakan filosof hermeneut yang menerobos teori-teori Descartes mengenai jarak antara obyek dan subyek. Pemisahan antara obyek dan subyek tidak bisa dilakukan lagi dalam dunia sosial-historis karena makna dalam ruang ini hanya dapat ditangkap jika kita memperlakukan hal-hal dalam dunia sosial sebagai karya atau ungkapan seniman. Di sinilah Dilthey tidak hanya memecah kcenderungan psikologis Schleiermacher melainkan juga berusaha menerobos anggapan Cartesian yang selalu memisahkan antara subyek dan obyek dlam setiap aktivitas pengetahuan, walaupun pada zamannya di mana positivis berkuasa, usaha ini tidak banyak mempertontonkan keberhasilan.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

About Me

My photo
seorag yag belajar unntuk hidup

Entri Populer

Total Pageviews

Followers